Bagian-bagian Kulkas 2 Pintu Terbaik yang Wajib Diketahui

Bagian-bagian kulkas 2 pintuyang wajib Anda ketahui salah satunya adalah kompresor. Selain wajib diketahui, bagian – bagian kulkas 2 pintu tersebut harus Anda perhatikan fungsi – fungsinya. Agar kulkas bekerja dengan optimal, Anda harus melakukan perawatan terhadap barang elektronik tersebut.

Bagian-bagian Kulkas 2 Pintu

Langkah pertama yng perlu diperhatikan adalah memahami bagian – bagian penting yang melekat di badan alat pendingin yang sangat populer ini. Komponen – komponen kulkas 2 pintu adalah bagian dari sebuah alat pendingin yang mempunyai sebuah sistem kelistrikan rumit.

Sementara untuk memahaminya Anda dapat terus membaca artikel ini hingga akhir. Karena sangat penting sebagai wawasan apabila sewaktu – sewaktu kulkas 2 pintu yang Anda miliki terjadi kesalahan. Berbagai komponen kulkas 2 pintu terbaik tersebut bekerja sesuai dengan fungsinya masing – masing dan saling terhubung.

Apa Saja Bagian – bagian Kulkas 2 Pintu yang Wajib Diketahui ?

  • Kompresor

Pendingin adalah fungsi utama dari kompresor yang merupakan bagian kulkas 2 pintu. Jantung kulkas, begitu julukan dari setiap mata elektronik yang melihatnya. Hal ini disebabkan oleh fungsi dari kompresor yang bekerja untuk mendinginkan kulkas.

  • Timer

Bagian kulkas 2 pintu terbaik yang wajib Anda pahami adalah timer, yang mana timer ini merupakan sebuah alat pengatur waktu kerja yang berada di dalam kulkas. Secara keseluruhan waktu kerja kulkas diatur, termasuk mengatur kapan kompresor hidup dan kapan kompresor mati.

Proses no frost dapat berjalan sebagaimana mestinya. Karena adanya timer ini, sebab timer bekerja sebagai pemanas dan mengatur kapan heater bekerja.

  • Bimetal

Bimetal adalah salah satu bagian – bagian dari kulkas 2 pintu terbaik yang harus dimengerti. Fungsi dari alat ini sangat penting yakni sebagai pengaktif dari heater. Kerjanya adalah pada saat timer memberi petunjuk bahwa proses pencairan es di evaporator.

Bagian yang satu ini bekerja dengan cara terhubung ketika suhu dingin mencapai 13 derajat celsius ke bawah. Masing-masing Thermo defrost mempunyai kepekaan yang berbeda  – beda.

  • Thermostat dan Overload Motor Protektor

Fungsi thermostat adalah untuk mengatur suhu dingin pada kulkas, bekerja dengan cara mendeteksi suhu dingin. Sementara Overload motor protector memiliki fungsi yaitu sebagai pemutus kompresor apabila panasnya telah mencapai tahap berlebihan.

  • Relay, Lampu dan Kipas

Bagian – bagian kulkas 2 pintu terbaik yang wajib diperhatikan adalah relay, lampu dan kipas  Starting kompresor atau relay berfungsi untuk menggerakkan kompresor. Lampu adalah alat penerangan yang terdapat di dalam kulkas, dan kipas merupakan bagian dalam kulkas yang berfungsi untuk menyebarkan dingin di dalam kulkas.

  • Heater, Mainboard dan Switch Pintu

Bagian dari kulkas 2 pintu yang berfungsi untuk memanaskan dan mencairkan es adalah heater. Sementara mainboard adalah kompinen yang mengatur kinerja kulkas, memiliki fungsi yang terhitung rumit dibanding timer. Ada juga switch pintu sebagai penghubung kerja lampu dan kipas, yakni pemutus sekaligus penghubung aliran listrik ke kipas dan lampu.

  • Evaporator, kondensor dan Kapiler

Bagian – bagian kulkas 2 pintu lainnya adalah evaporator, kondensor dan Kapiler. Kapiler memiliki fungsi sebagai penyalur gas freon ke evaporator. Evaporator sendiri berfungsi untuk menyerap panas dari benda yang masuk ke dalam kulkas. Lain halnya dengan kondensor yang berupa alat penukar kalor dan dapat mengubah wujud gas pendingin pada tekanan tinggi menjadi sebuah wujud cair.

Leave a Reply